Cara Alami Merawat Rambut Rusak

Masalah rambut rusak sering sekali menjadi masalah yang bukan main-main dan terutama dialami oleh kaum perempuan, termasuk saya sendiri. Ini membuat kita repot kan tentunya? bahkan bisa mengakibatkan rasa minder juga stres. Biasanya kita akan melakukan berbagai cara untuk menanggulanginya, meksi harus menyisihkan uang jajan ataupun minta uang lebih untuk perawatan rambut saja. Disini saya mau share sama teman-teman pembaca bagaimana cara kita mengatasi masalah yang satu ini. "Ayo bersama kita berantas masalah rambur rusak". ^_^

1. Rambut kusam, bercabang, dan susah diatur

Rambut kusam, bercabang, dan susah diatur adalah ciri-ciri rambut rusak. Agar rambut kembali berkilau, bisa dilakukan perawatan creambath, hair spa, dan masker di salon. Atau bisa juga membeli produk perawatan rambut yang sudah dijual bebas di toko. Tapi jika ingin lebih menghemat waktu dan biaya, kita bisa membuat sendiri masker rambut yang bisa mengembalikan kilau rambut dan membuatnya lebih mudah duatur.

a. Masker pisang 
Bahan-bahannya adalah satu buah pisang matang, minyak almond, dan air soda. Cara membuatnya, sebuah pisang matang dicampur dengan beberapa tetes minyak almond, aduk sampai merata. Gunakan sebagi masker rambut, diamkan selama 15 menit, lalu bilas bengan air soda. Selanjutnya keramas seperti biasa.

b. Shampo Lidah Buaya
Bahan-bahannya adalah lidah buaya, dan satu sendok teh minyak zaitun. Caramembuatnya, campur dua sendok lidah buaya dan minyak zaitun, gunakan sebagai shampo. Setelah selesai keramas, ambil daging lidah buaya usapkan sebagai tonerdi kulit kepala, dan biarkan hingga mengering.

2. Rambut Berketombe

Pasti gerah dan BT kan kalau ketombe gak pergi-pergi? Rasanya pengen garuk-garuk terus, Tapi tenang aja, dibawah ini ada tips mudah mengalahkan si ketombe yang bikin bete..

a. Ambil jeruk nipis atau lemon, iris tipis-tipis. Ambil cairannya, campur dengan beberapa tetes minyak zaitun. Usapkan cairan tersebut ke seluruh kulit kepala, terutama yang berketombe. Pijat beberapa saat dan biarkan selama 15 menit, lalu keramas seperti biasa, Pemakaian cairan ini cukup dua kali setiap minggunya agar kulit kepala tidak kering.

b. Bisa juda memakai cuka. Caranya, usapkan cuka ke kulit kepala, pijat beberapa saat dan biarkan mengering. Lalu keramas dengan shampoo.

3. Rambut Rontok

Rambut rontok mengerikan? Bikin semangat rontok juga? Bikin stres mikirin rambut? Jangan kuatir, kita bisa melakukan perawatan agar rambut kita menjadi kuat dan tidak mudah rontok.

a. Creambath gingseng.
Ini berfungsi untuk menguatkan akar rambut sehingga tidak mudah rontok. kita bisa melakukan creambath ini di salon atau di rumah dengan membeli produk creambath.

b. Masker Lidah Buaya 
Selain membuat rambut berkilau dan lembut, lidah buaya juga dipercaya mampu mengatasi rambut rontok. Caranya dengan mengambil daging lidah biaya dan usapkan dikepala sebelum atau sesudah keramas.

c. Tonik semangka
Siapkan beberapa kulit semangka, lalu tusuk-tusuk kulit semangka dengan garpu hingga mengeluarkan air. Oleskan air tersebut di kulit kepala sebagai tonik di malam hari dan bilas sampai bersih di pagi harinya. Lakukan tiga kali dalam seminggu.

4. Rambut Menipis dan Lepek 

Ini diakibatkan oleh produksi minyak yang berlebihan pada rambut tipis yang menyebabkan rambut terlihat tidak mengembang atau yang disebut lepek. Tips untuk mengatasinya, antara lain:

a. Pakailah sampo yang cocok untuk kilit berminyak dan keramaslah sesering mungkin. Tapi ingat, saat keramas jangan sering memijat kulit kepala karena dapat membuat kelenjar minyak meningkat.

b. Masker putih telur. 
Caranya siapkan dua pitih telur yang sudah dipisahkan dari kuningnya. Kocok hingga mengembang dan menjadi putih susu. Gunakan sebagai masker kepala selama 30 menit. Bilas dan keramas seperti biasa dan lakukan cukup  dua kali seminggu.

Okey, teman-teman pembaca selamat mencoba dan ^Semoga Bermanfaat^.

0 comments:

Post a Comment

 

Menuai Sesuatu Dengan Berani Mencoba [Positif] Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger