Kandungan Dan Manfaat Jambu Biji


Saya tinggal di suatu desa daerah Lampung Selatan, disana masih banyak peohonan-pepohonan hijau yang bermanfaat. Salah satunya Jambu biji yang tumbuh secara liar. Di kebun belakang rumah maupun pekarangan tetangga pohon yang sering menjadi sasaran panjat anak-anak kecil itu tumbuh dengan subur. Tidak sulit untuk mendapatkan buah manis tersebut, apabila salah satu diantara kami tidak memiliki pekarangan yang ditumbuhi buah-buahan, kami bisa meminta ijin pada tetangga untuk memetik dipekarangannya. Tentu saja tetangga kami akan dengan senang hati mengijinkan kami untuk memetik sesuka hati kami. Masih sangat mudah mendapatkan buah Jambu biji ini di desa kami secara gratis, yang mana di daerah perkotaan semua serba membeli.
Jambu biji sering kali kami makan begitu saja setelah dipetik, tanpa disadari Jambu biji ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan gizinya yang tinggi. Jambu biji kaya akan kalsium, kalium, zat besi, asam folat, vitamin A, B, C. Juga kaya akan serat. Kandungan vitamin C pada jambu biji, 2 kali lebih banyak di bandingkan dengan vitamin C pada jeruk manis. Jambu biji berukuran sedang mengandung empat kali lebih banyak vitamin C dan betakroten dibandingkan dengan satu buah jeruk. Kandungan vitamin C terbanyak ketika jambu biji akan matang, yaitu terdapat pada kulit dan daging buah dari jambu biji ini. Maka sangat pas ababila kita menikmati buah ini dengan cara dibuat jus.
Berikut ini adalah manfaat dari jambu biji:
  1. Menurunkan berat badan: cocok untuk diet sehat karena kandungan seratnya yang tinggi membuat kita cepat kenyang.
  2. Mengobati diare: daun jambu biji mengandung zat antibakteri sehingga bisa mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena disentri. Pembunuh bakteri lain dalam buah ini adalah karetinoid, vitamin C dan potasium. Ekstrak daun jambu biji terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare yaitu Staphylococcus aureus dan E. coli.
  3. Mengobati Batuk & Demam: Jus jambu biji mentah atau rebusan daun jambu biji sangat membantu dalam memberikan bantuan batuk dan dingin dengan melonggarkan batuk, mengurangi lendir, desinfektan saluran tenggorokan, pernapasan dan paru-paru dan menghambat aktivitas mikroba. Jambu biji banyak mengandung vitamin-C dan zat besi yang terbukti ampuh mencegah infeksi dingin dan virus.
  4. Mengobati Tekanan darah tinggi dan Menurunkan kolesterol: Jambu membantu mengurangi kolesterol dalam darah dan mencegah dari penebalan, sehingga mempertahankan fluiditas darah dan mengurangi tekanan darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa bahan makanan yang kurang serat (seperti tepung halus) menambah tekanan darah, karena konversi cepat untuk gula. Jambu sangat kaya serat dan hipoglikemik sehingga efektif membantu menurunkan tekanan darah.
  5. Membuat Kulit bebas jerawat: Astringen dalam jambu biji meningkatkan kualitas tekstur kulit. Jambu biji juga memiliki zat antipenuaan dan membantu menghilangkan jerawat, sehingga kulit terlihat lebih cerah, segar dan sehat. 
  6. Melindungi tubuh dari penyakit kanker: Kulit dan biji jambu biji sangat kaya akan antioksidan alami. Di antara antioksidan tersebut adalah likopen, yang melindungi tubuh dari penyakit kanker. 
  7. Mengatasi Sembelit: Jambu biji adalah salah satu sumber serat makanan. Bijinya, jika tertelan keseluruhan atau dikunyah, berfungsi sebagai obat pencahar yang sangat baik. Kedua sifat jambu biji membantu membentuk perut, menahan air dan membersihkan usus Anda dan sistem ekskretoris secara menyeluruh. 
  8. Menurunkan gula darah: Karena mengandung karbohidrat komplek membantu mengurangi kadar kolesterol dan gula darah yang berlebih. 
Selain manfaat-manfaat diatas, jambu biji juga dapat meningkatkan kesehatan jantung, menyembuhkan pernyakit luar seperti pendarahan pada hidung juga gusi. 
Semoga artikel kali inibermanfaat untuk teman-teman pembaca sekalian, salam manis selalu ^_^...

1 comments:

Tenda roder tangerang said...

CV Bahagia Sukses Makmur adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan sewa Tenda Roder / Hanggar serta tenda lainnya. Kami memproduksi tenda dan terpal dengan ukuran standard ataupun custom untuk kebutuhan gudang, marketing, event, wedding (pernikahan), party, DLL.
Tenda Roder Putih dan Tenda Transparan

Tenda Roder Putih
Salah satu yang cukup sering digunakan adalah tenda roder dengan penutup PVC putih, Jenis tenda ini menjadi pilihan bagi anda yang ingin mengadakan acara yang bersifat komersil atau lebih privasi.
Selain untuk event sendiri tenda ini juga sering digunakan sebagai tenda rumah sakit, tenda covid, tenda gudang tenda posko kemanan ataupun darurat.

Tenda Transparan
Tenda transparan ini dapat memberikan penerangan yang lebih maksimal dari pada tenda roder putih karena cahaya dapat masuk lebih banyak banyak ke dalam tenda ini. Tenda jenis ini memiliki kesan yang lebih arkistik dan elegan, sangat cocok untuk anda yang memimginkan tampilan cantik pada saat acara dilangsungkan.
Pada umumnya tenda ini sering digunakan untuk acara event, wedding (pernikahan), party, bazar, pameran, DLL.

Spesifikasi Tenda Roder
1. Menggunakan PVC 850 blackout untuk atap nya, Dan bahan dindingnya ada 550, 410, 880 dan 850.
Bisa disesaikan dengan kebutuhan ataupun keinginan anda.
Blackouk sendiri tahan terhadap sinar UV matahari, Sehingga saat berada didalam tenda anda akan merasa nyaman.
2. Memiliki Ukuran yang besar Dan beragam
Kami memiliki beberapa ukuran bentangan yaitu 10 m, 15m dan 20 m dengan panjang bentangan kebelakang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.
3. Menggunakan rangka allumunium yang tahan terhadap karat. Atau bisa juga menggunakan besi.
4. Cocok digunakan untuk segala jenis acara.
5. Tidak Memerlukan IMB (ijin mendirikan bangunan)

Spesifikasi rangka tenda Roder
1. Bentangan 10
memiliki tebal 65 x 100 x 4 mm
2. bentangan 15
memiliki tebal 85 x 120 x 4 mm
3. Bentangan 20
memiliki tebal 100 x 200 x 4 mm
*tingginya 3 m untuk bentangan 10 dan 15. Serta 4 m untuk bentangan 20. (bisa custom)

Tenda kerucut / sarnafil

Tenda sarnafil adalah jenis tenda promosi, event ataupun bazar, dengan bentuk atap kerucut sisi dinding PVC 410 gsm dan 550 gsm Blackout yang dapat ditutup dan dibuka.

Tenda jenis ini dapat digunakan untuk :
- Berbagai kegiatan promosi / event.
- Bazar, Seminar dan Pameran.
- Cocok Untuk Segala Jenis Acara, DLL.

Desain tenda sarnafil dapat disesuaikan dengan keinginan anda dan tersedia berbagai ukuran yaitu 3m x 3m, 4m x 4m, 5m x 5m dengan tinggi tiang kaki 2m s/d 2,5 m. Tenda ini juga bisa ditambahkan ornamen - ornamen seperti dinding ataupun pintu yang terbuat dari mika.
Tenda Kerucut menggunakan ranga besi sedangkan Tenda Sarnafil menggunakan rangka alumunium.

Perusahaan kami telah berpengalaman dalam Membuat berbagai macam tenda. Silahkan hubungi 0811 1252 0824 RAHMA
Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci, Tangerang.
SENIN - SABTU / 08.00 - 17.00

Anda juga dapat menghubungi kami di :
https://tendagudangjakarta.blogspot.com/
https://tendagudangbogor.blogspot.com/
https://tendaroderbsm.blogspot.com/
Twitter : @TangerangRoder
Instagram : @tendapameranjakarta
Instagram : @tendagudangjakarta
SHOPEE : @https:tendarodertangerang
TOKOPEDIA :@partisipameran23
PINTEREST : @TENDARODERBANDUNG

Post a Comment

 

Menuai Sesuatu Dengan Berani Mencoba [Positif] Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger