Jenis-jenis Ayam serama

Selain ayam ketawa, saat ini ayam serama tidak kalah populer dikalangan para pencinta ayam. Ayam Serama merupakan jenis ayam kate yang berasal dari Malaysia. Ayam serama dapat mencuri perhatian para pencinta ayam dengan bentuk badannya yang "cute" dan unik. Keunikan ayam serama ini ada pada bentuk tubuhnya yang menyerupai manusia. Ternyata ayam serama ini merupakan ayam teringan di dunia. Pertama kali saya melihat bentuk tubuh ayam serama yang menarik itulah, saya menjadi tertarik untuk menulis tentang ayam ini ("Ayam kok bisa berdiri tegap ?" pikirku). Bentuk tubuh ayam ini seakan-akan menunjukan suatu kegagahan dan keberanian. Ayam serama ini memiliki harga jual yang cukup mahal, meskipun ukuran tubuhnya lebih kecil dari ayam kampung.
Ayam serama ini memiliki ciri-ciri umum, yaitu biasanya memiliki berat dibawah 500 gr, bentuk badan tegak , dada penuh, bulu ekor ditegakkan dan rapat pada badan dan sayap mendatar hampir mencecah tanah.
Jenis-jenis ayam serama, antara lain:

1. Ayam Serama Type Slim.
Merupakan tipe serama yang pertama kali ditemukan, dan lebih dari 10 tahun menjadi primadona untuk jenisnya.

2. Ayam Serama Type Appel
Poputer dengan nama bold, merupakan ayam serama yang diperkenalkan  pada tahun 2003-2004. Tegapnya serama dengan dada besar sehingga jika melakukan tarikan kepala bisa berada di belakang punggung menjadi salah satu perbedaan karekternya dengan type ayam serama yang lain. Jika dilihat dari depan hanya jenggernya saja yang terlihat, atau lebih poputer dengan istilah jetslam. Memiliki tubuh dengan tipe botal dengan kaki yang agak pendek, sehingga mirip dengan buah apel. Serama type apel ini memiliki silsilah penciptaan dengan line (garis) keturunan dari tipe slim.  Merupakan ayam serama yang modern.

3.Ayam Serama Type Ideal
Merupakan penyilangan kedua tipe serama yaitu type slim dan type apple. Memiliki proporsi tubuh ramping dengan dada yang besar. Inilah serama moderen yang kita kenal sekarang banyak dipakai kontes.
Biasanya dari 100 anakan yang lahir dari persilangan serama ini, hanya 8-5 ekor yang sesuai dengan keinginan.Maka dari itu, ayam serama type ideal ini berharga mahal.

Itulah sekilas tentang ayam serama, semoga bermanfaat .

0 comments:

Post a Comment

 

Menuai Sesuatu Dengan Berani Mencoba [Positif] Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger