Rekayasa Perangkat Lunak dan Pemecahan Masalah

Pengertian Masalah
Masalah adalah perbedaan antara kondisi yang terjadi dengan kondisi yang diharapkan atau boleh juga diartikan sebagai perbedaan antara kondisi sekarang dengan tujuan yang diinginkan.
Sedangkan Gejala adalah tanda /petunjuk terjadinya suatu masalah.

Tipe-tipe masalah:

1.    Masalah pemenuhan standar
Tipe masalah dalam kelompok ini adalah masalah yang berhubungan dngn pencapaian standar yang telah ditentukan dalam sebuah organisasi. Biasanya tujuan seperti ini berlaku dalam jangka yang relative panjang. Contoh: dalam pembuatan software dibutuhkan waktu dan proses yang panjang dalam pemenuhan standarnya.
2.    Masalah pemilihan alternative
Berhubungan dengan bagaimana memilih solusi terbaik dari berbagai alternative berdasarkan criteria-kriteria tertentu. Permasalahan ini seringkali kita jumpai dlam kehidupan sehari-hari. Contoh: memilih sekolah yang tepat, memilih bidang pekerjaan, memilih lokasi tempat tinggal. Masing-masing alternative dan criteria memiliki bobot yang telah disepakati.
3.    Masalah pemenuhan kepuasan konsumen
Pada organisasi yang bersifat profit (mencari laba), masalah pada kelompok ini merupakan tipe yang seringkali muncul. Konsumen memiliki berbagai macam keinginan yang satu berbagai macam keinginan yang berbeda. Memenuhi seluruh keinginan konsumen sangat tidak mungkin dan sangat memberatkan sebuah organisasi. Oleh karena itu perlu dicari pemecahan yang sama-sama menguntungkan, baik bagi konsumen maupun organisasi tertentu.
4.    Masalah pencapaian tujuan
Tipe ini mirip dengan tipe pertama (masalah pemenuhan standar). Yang berbeda adalah pada tipe ini tujuan yang ingin dicapai dapat berubah-ubah dan jangka pendek.

Pemecahan Masalah

Pemecahan masalah adalah sebuah proses dimana suatu situasi diamati kemudian bila ditemukan ada masalah dibuat penyelesaiannya dengan cara menentukan masalah, mengurangi atau menghilangkan masalah atau mencegah masalah tersebut terjadi.
  1. Proses pemecahan masalah
  2. Pendefinisian masalah
  3. Analisis situasi
  4. Pengembangan ide-ide solusi
  5. Analisis ide-ide solusi
  6. Pengambilan keputusan
  7. Penerapan solusi

 

Menuai Sesuatu Dengan Berani Mencoba [Positif] Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger