Makna dari Lambang Persit Kartika Chandra Kirana Serta Sikap dan Watak Persit

Pada artikel yang sebelumnya saya menulis lirik dari lagu Hymne dan Mars Persit untuk share ke teman-teman. Kali ini saya share yang perlu dihafal buat para calon maupun para ibu Persit di seluruh Nusantara, yaitu arti dari lambang kebanggaan kita. Lambang Persit dapat kita temukan di setiap aksesoris buatan Persit, salah satunya pada lencana Persit.

Maksud  
Lambang Persit Kartika Chandra Kirana dimaksudkan untuk : Menggambarkan cita -cita serta kewajiban istri anggota TNI Angkatan Darat yang tergabung dalam Persit Kartika Chandra Kirana.Mencerminkan pola kehidupan, Asas dan tujuan Persit Kartika Chandra Kirana.
 
Makna
Cita-cita serta kewajiban Persit Kartika Chandra Kirana digambarkan dalam lambangnya dengan makna :

  1. Bunga Wijaya Kusumah dengan kelompok daun. Melambangkan perjuangan Persit Kartika Chandra Kirana yang berazaskan Pancasila.   
  2. Bokor Kencana dengan cerana sesaji. Melambangkan kebaktian.
  3. Keris Pusaka berlekuk lima. Melambangkan senjata Pamungkas, Lekuk lima, pesan dari lima kalimat Sumpah Prajurit.
  4. Bulu. Melambangkan Kecendikiaan
  5. Rantai Penguat. Melambangkan Persatuan.
  6. Kartika Eka Paksi yang digambarkan di antara Bunga Wijaya Kusuma serta rangkaian Padi dan Kapas.  Melambangkan Persit Kartika Chandra Kirana berjuang untuk keagungan TNI-AD.
  7. Pita dengan tulisan Persit kartika Chandra Kirana yang mengikat padi dan kapas.  Melambangkan Persit Kartika Chandra Kirana serta mewujudkan kesejahteraan dan kemampuan TNI AD dalam melaksanakan tugas.
  8. Mata rantai berjumlah 17, bunga kapas berjumlah 8, padi berjumlah 45,  Melambangkan perjuangan Persit Kartika Chandra Kirana di jiwa oleh semangat 17 Agustus 1945.
  9. Warna.  Warna yang terdapat pada lambang Persit melambangkan sifat :

1) Merah : Keberanian yang gagah perkasa

2) Putih : Kesucian tanpa pamrih

3) Kuning : Keluhuran yang bijaksana dan cendekia

4) Hitam : Kemantapan, keteguhan dan kekekalan

5) Hijau : doa, harapan dan kepercayaan

Arti keseluruhan dalam makna lambang Persit adalah bahwa setiap anggota Persit Kartika Chandra Kirana harus memiliki watak dan sifat : 
- Suci, setia, sepi ing pamrih rame ing gawe
- Ikhlas, rela, bijaksana dan cendekia  
- Berani dan bertanggung jawab

Dari arti lambang Persit Kartika Chandra Kirana, kita juga dapat menyimpulkan bahwa Persit ikut berjuang untuk kesejahteraan keluarga, masyarakat, dan negara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Seoramg Persit adalah mutiara bagi keluarga TNI, yang memiliki sifat-sifat yang patut menjadi panutan. Semoga kita semua dapat menjadi panutan untuk keluarga dan masyarakat ya teman-teman. Salam manis untuk teman-teman Persit dan para calon Persit di seluruh Nusantara. ^_^

2 comments:

Unknown said...

PersitπŸ˜πŸ˜πŸ’•πŸ’•πŸ’•πŸ’ͺπŸ’ͺ yesssss

Gita Angelica Pormes said...

Kita Agent dididik PERSIT KCK.AGENT


Post a Comment

 

Menuai Sesuatu Dengan Berani Mencoba [Positif] Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger