Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi

Untuk teman-teman pelajar yang baru saja menyelesaikan pendidikan di bangku SMA atau sederajat tentunya bersiap untuk melaju ke pendidikan berikutnya yakni pendidikan perguruan tinggi. Biasanya kita akan merasa bingung dan galau untuk memilih jurusan apa yang akan kita ambil. Mau jadi apa?, akan jadi apa? pertanyaan seperti itu akan segera terbesit dalam benak kita. Disini saya akan share kepada teman-teman bagaimana kita menentukan pilihan jurusan untuk melaju ke jenjang perguruan tinggi. Berikut dibawah ini yang harus kita perhatikan dalam memilih jurusan:

1. Pilih jurusan sesuai dengan cita-cita
Pertama, kita harus benar-benar tau apa yang ingin kita capai, misalnya jika cita-cita anda ingin menjadi dokter, tentunya harus memilih jurusan kedokteran. Bila cita-cita anda ingin menjadi guru, tentunya ambil jurusan pendidikan guru, dan lain-lain.

2. Pilih jurusan sesuai dengan hobi
Tidak sedikit orang yang masih bingung dengan apa yang ingin dicapainya, alias masih belum yakin dengan apa yang dicita-citakannya. Jangan galau, jangan bimbang, jika keadaan seperti ini anda alami maka kita masih memiliki hobi kan, biasanya hobi yang merupakan kesenangan kita bisa menjadi jalan untuk masa depan lho. Kita lihat hobi kita di bidang apa, jika anda adalah seorang yang memiliki hobi bongkar mesin ataupun alat elektronik, maka pilihlah jurusan teknik mesin. Jika anda memiliki hobi membuat puisi, cerita, dan yang berhubungan dengan menulis, maka saya sarankan anda lebih baik memilih jurusan bahas dan sastra. Meskipun kita belum memiliki skill sama sekali dibidang jurusan yang akan anda pilih, namun apabila anda menyukai bidang tersebut pastinya akan menunjang kesuksesan anda nantinya. Karena rasa suka terhadap sesuatu akan mendorong kita untuk penasaran dan pada akhirnya kita akan mendapatkan hasil terbaik pada diri kita.

3. Pilih jurusan yang jarang orang memilihnya
Mengapa saya sarankan demikian? Karena jika kita bisa menguasai bidang yang jarang orang bisa menguasainya maka kita memiliki kesempatan yang lebih besar.

4. Pilih jurusan berdasarkan kemampuan
Ada orang yang sudah menyadari kemampuannya dalam bidang tertentu, maka tidak akan sulit untuk menentukan jurusan yang akan dipilihnya. Atau ini cocok untuk pelajar yang berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan, saya menyarankan untuk teman-teman pelajar yang berasal dari SMK untuk memilih jurusan perguruan tinggi sesuai dengan jurusan anda sebelumnya, karena di sekolah sebelumnya tentu anda sudah memiliki basic pembelajaran yang apabila dilanjutkan ketingkat Perguruan tinggi anda tinggal mendalami dan mengembangkanya. Ini akan lebih mempermudah anda untuk meraih hasil terbaik pada diri anda.

5. Positif Thinking
Yang satu ini adalah saran tambahan dari saya, karena positif thingking adalah hal yang sangat penting dalam segala tindakan. Semangat, dan yakin akan diri sendiri akan membuat anda berusaha lebih giat lagi dalam menjalani pendidikan anda. Dan jadilah orang-orang yang sukses...

Sekilas tips dari saya, dan salam hangat selalu untuk teman-teman pembaca sekalian....Semangat...

0 comments:

Post a Comment

 

Menuai Sesuatu Dengan Berani Mencoba [Positif] Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger