Berbagai Jenis Web dan Pengertiannya

Web atau Website merupakan sekumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam ataupun gerak, animasi, suara , video atau gabungan dari semuanya. Baik bersifat statis maupun dinamis yang membentuk suatu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan (hyperlink). Singkatnya Website ini adalah sebuah penyebaran informasi melalui internet. Web terbagi menjadi berbagai jenis, diantaranya dibawah ini:

1.Web portal 
Yaitu situs web yang menawarkan beragam layanan internet dari satu lokasi tunggal yang mudah digunakan, misalnya menawarkan mesin pencari, direktori, berita baru, e-mail, game dan banyak lagi.

2. Web news 
Merupakan website yang berisi berita-berita, artikel-artikel yang berkaitan dengan peristiwa-peristiwa terkini tentang kehidupan, uang, olahraga, cuaca, politik, agama, teknologi, dan sebagainya.

3. Web informational 
Yaitu website yang berisi tentang informasi aktual. Biasanya dibuat oleh sebuah organisasi pemerintah.  

4. Web bussines/marketing 
Yaitu website yang berisi promosi produk (barang atau jasa). Biasanya dimiliki oleh perusahaan yang benar-benar eksis di dunia nyata, sehingga memungkinkan konsumen untuk memesan barang atau jasa secara online.

5. Web educational  
Yaitu website yang menyediakan informasi tentang pendidikan.

6. Web Entertainment
Web ini menawarkan lingkungan interaktif dan menarik yang menampilkan olahraga, musik, video, permainan, dan lain-lain. 

7. Web Advocacy
Web ini merupakan website yang mengandung konten yang menggambarkan suatu alasan, pendapat, atau gagasan.

8. Blog
Web blog ini semacam buku harian atau jurnal yang dipergunakan pemiliknya untuk menulis hal-hal yang disukainya. Menggunakan format jurnal update secara rutin untuk mencerminkan kepentingan, pendapat, kepribadian dari pengarang ataupun pengunjung situs. 

9. Web Wiki
Merupakan kolaboratif web yang memungkinkan pengguna untuk menambah, memodifikasi, atau menghapus isi dari situs web tersebut melalui browser mereka.

10. Web Content Agregator 
Web ini merupakan website yang mengumpulkan dan mengatur isi web yang kemudian mendistribusikan atau feed konten untuk pelanggan secara gratis menggunakan fasilitas RSS (really simple syndication) yang memungkinkan pengguna tidak tertinggal berita dan selalu uptodate tentang isi dari suatu situs.

11. Web Personal
Web ini merupakan halaman web yang dikelola individu ataupun swasta dengan tujuan untuk membagikan pengalaman hidup ataupun hobby/kesukaan pemilik website.

Semoga bermanfaat ^_^....

1 comments:

Unknown said...

" like deh hehehe ..

Post a Comment

 

Menuai Sesuatu Dengan Berani Mencoba [Positif] Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger