Tahap Perkembangan Anak Berdasarkan Biologis
Ada beberapa pendapat antara lain:
Pendapat Freud :
1. Fase oral : 0 – 1 thn. Pada fase ini mulut merupakan daerah pokok aktivitas dinamis
2. Fase anal : perhatian terpusat pada pembuangan kotoran
3. Fase falis : + 3 - 5 thn : alat kelamin merupakan daerah erogen terpenting
4. Fase laten : 5 - 12 thn : keadaan tenang
5. Fase Pubertas : 12 atau 13 - 20 thn : bergejolak
6. Fase genital : siap memasuki kehidupan dewasa
Tahap Perkembangan Berdasarkan Didaktis
Pendapat Comenius :
1. Masa sekolah ibu 0 – 6 thn
2. Masa sekolah bahasa ibu 6 - 12 thn
3. Masa sekolah latin 12 – 18 thn
4. Masa akademi 18 – 24 thn
Tahap Perkembangan Berdasarkan Psikologis
Pendapat Piaget :
1. Usia pra sekolah (0 - 6 thn) :
- Masa vital (0 - 2 thn) : masih menggunakan fungsi biologis untuk menemukan berbagai hal dalam dunianya
- Masa estetik : perkembangan anak terutama pada fungsi pancaindranya dalam eksplorasi dan belajar _ masa sulit _ masa kegoncangan _ sikap yang benar, tidak terlalu menekan dan tidak memanjakan
2. Masa usia sekolah dasar ( 6 – 12 th) : masa kematangan bersekolah,masa keserasian bersekolah _ anak mulai mudah dididik.
a. Masa kelas rendah sekolah dasar
Ciri-ciri :
Ø Adanya korelasi antara keadaan jasmani dengan prestasi sekolah
Ø Ada kecenderungan memuji diri sendiri
Ø Suka membandingkan dengan anak lain
Ø Pada umur 6-8 thn biasanya menginginkan nilai raport yang baik tanpa melihat kemampuannya
b. Masa kelas tinggi SD
Ø adanya minat thd kehidupan praktis sehari-hari yang konkret;cenderung membandingkan pekerjaan yang praktis
Ø realistis, ingin tahu, inin belajar
Ø minat pada mata pelajaran khusus
Ø sampai + umur 11 thn membutuhkan orang yang bisa membantu menyelesaikan tugasnya
Ø memandang nilai raport sebaai ukuran yang tepat mengenai prestasi sekolah
Ø gemar membentuk kelompok sebaya untuk bermain bersama
3. Masa Usia Sekolah Menengah (12 – 18 Thn)
a. Masa remaja awal / pra remaja
Ciri-ciri : Tidak tenang, kurang suka bekerja, kurang suka bergerak, lekas lemah, senang tidur, dll. (biasanya negatif)
b. Masa remaja
Ciri-ciri : Proses terbentuknya pandangan hidup atau cita-cita.
- Pertama,remaja merindukan sesuatu yang bisa dianggap bernilai dan pantas dipuja,yang kadang-kadang belum jelas.
- Kedua, obyek pemujaan lebih jelas.
- Ketiga, mulai dapat menemukan nilai-nilai atau pendirian hidupnya.
c. Masa Remaja Akhir : Dapat menentukan pendirian hidupnya
0 comments:
Post a Comment